Tips Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas

Harga motor baru yang mahal membuat Anda lebih memilih motor bekas dengan harga yang jauh lebih murah. Harga motor bekas memang sangat miring jika dibandingkan dengan motor baru –harga motor bekas bahkan bisa mencapai setengahnya saja! Walau begitu, ketika membeli botor bekas pastilah Anda rasa was-was dalam diri. Maklum saja, namanya juga motor bekas pakai, pastilah kualitasnya tidak akan sepadan dengan motor baru. Belum lagi bila motor bekas tersebut ternyata memiliki kecacatan yang tidak kita ketahui.

Tips Membeli Motor Bekas

Membeli motor bekas kadang memang merupakan tantangan tersendiri. Anda harus super teliti sebelum membeli motor bekas supaya Anda tidak terkecoh oleh legalitas yang tidak jelas. Walau begitu sebagai konsumen yang cerdas, Anda tidak boleh tertipu. Anda wajib mengetahui trick dan tips membeli motor bekas. Tips membeli motor bekas ini didapatkan langsung dari petugas kepolisian di Polda Metro Jaya, lho. Penasaran? Yuk simak tips membeli motor bekas di bawah ini:

  1. Periksalah Kelengkapan Surat

Dokumen paling penting yang harus dimiliki sebuah unit motor adalah STNK dan BPKB. Maka dari itu, tips membeli motor bekas yang paling pertama dan utama adana memeriksa kelengkapan surat yang dimiliki seperti STNK dan BPKB.

  1. Cek kecocokan nomor rangka dan nomor mesin

Tips membeli motor bekas kedua adalah dengan mencocokan nomor ranga dan mesin yang ada di badan motor dengan nomor yang ada di surat. Pastikan angka-angka tersebut harus sama persis! Jika ada 1 angka saja yang tidak sama, bisa dipastikan bahwa motor tersebut memiliki surat palsu –bahkan mungkin hasil pencurian!

  1. Cek keabsahan nomor plat kendaraan

Supaya lebih meyakinkan, Anda bisa mengecek kecocokan nomor plat kendaraan dengan SMS centre kepolisian. Caranya mudah;

  • Untuk wilayah Jakarta dengan mengirim SMS dengan format ‘Metro’ [spasi] nomor plat kirim ke 1717
  • Jawa Timur, ketik ‘JATIM [spasi| nomor plat kirim ke 1717
  • Jawa Barat, ketik ‘POLDAJB’ [spasi] nomor plat kirim ke 3977
  • Jawa Tengah, ketik ‘JATENG’ [spasi] nomor plat kirim ke 7070
  • Yogyakarta, ketik ‘DIY’ [spasi] nomor plat kirim ke 9600