Cara Merawat Knalpot Motor

Cara Merawat Knalpot Motor

Taukah Anda kalau knalpot motor adalah komponen yang perlu senantiasa dirawat keberadaanya? Knalpot adalah komponen vital yang bertugas mengolah kembali hasil pembakaran bahan bakar dengan oksigen yang berlangsung diruang bakar hingga bisa digunakan jadi tenaga penambahan. Pikirkan saja bila knalpot tidak berperan dengan baik jadi bisa hasilkan sistem yang kurang maksimal. Pembakaran yg tidak maksimal juga akan buat kendaraan Anda jadi boros bahan bakar.

Cara Merawat Knalpot Motor

Langkah menjaga knalpot motor sesungguhnya tidak susah, asal mematuhi prosedur serta beberapa langkah yang ada. Bahkan juga, langkah menjaga knalpot motor ini dapat Anda kerjakan dengan mandiri dirumah tanpa ada mesti membawa motor Anda ke bengkel dengan teratur. Nah, penasaran kan bagaimana caranya menjaga knalpot motor dengan benar? Silakan simak uraian langkah menjaga knalpot motor dengan benar berikut ini :

1. Cara menjaga knalpot motor yang pertama yaitu dengan memanaskan mesin seperlunya terlebih dulu. Panasi mesin dengan waktu yang tidaklah terlalu lama.
2. Cara menjaga knalpot motor yang ke-2 yaitu dengan bersihkan lubang buang pada silencer. Anda dapat bersihkan lubang buang lewat cara memberi oli seperlunya pada lubang silencer dua bulan sekali.
3. Jika berlangsung korosi pada knalpot jadi selekasnya bersihan kotoran korosi dengan sikat serta olesan detergen. Sikat dengan kuat-kuat kotoran serta karat itu sampai bersih. Bila kotoran membandel, Anda bisa memakai sikat kawat.
4. Oleskan oli bersih pada leher knalpot dengan rata.
5. Hidupkan mesin sepanjang dua menit supaya oli menyerap di leher knalpot.
6. Semprot knalpot dengan cairan anti karat.
7. Apabila sisi silencer memiliki bahan chrome, lap silencer dengan kain lembut hingga tidak mimbulkan goresan. Bila ada noda yang membandel, menghilangkan dengan oli.
8. Jika noda masih tetap membandel jadi manfaatkanlah cairan portex. Hati-hatilah dalam memakai cairan ini, karna bisa melunturkan warna blok mesin itu.
9. Untuk menyingkirkan bercak hitam percikan aspal, Anda bisa memakai Pertamax Plus yang campur dengan minyak tanah dengan perbandingan 1 : 2.
10. Senantiasa check lubang pembuangan air di bagian bawah silencer tiap-tiap knalpot. Bila terhalang, tusuk lubang pembuangan air dengan lidi maupun paku kecil.
11. Periksalah senantiasa kebocoran paking knalpot dan check kekencangan baut penyangga knalpot.