Cara Merawat Aki Kering Motor

Cara Merawat Aki Kering Motor

Anda tentu tahu kalau system kelistrikan yang ditanamkan pada tiap-tiap kendaraan yaitu hal yang begitu vital untuk satu kendaraan. Satu diantara komponen yang sediakan supply aliran listrik pada semua komponen yang ada sisi kendaraan motor yaitu “Accu” atau lebih familiar dengan sebutan ‘aki’. Aki pada kendaraan bermotor terbagi dalam 2 jenis type yaitu aki kering dan aki basah. Ke-2 aki ini mempunyai keperluan serta peranan yang berlainan. Langkah menjaga aki kering motor lewat cara menjaga aki basah tentunya juga berlainan.

Cara Merawat Aki Kering Motor

Di antara ke-2 type aki itu, aki kering jadi primadona sebab ia sudah diambil oleh nyaris semuanya pabrikan otomotif dunia. Tehnologi canggi “Fuel Injection” yang saat ini semakin banyak digunakna pada motor, buat aki kering banyak dipakai sebab ia hasilkan aliran listrik yang kuat, stabil, praktis dan mempunyai tingkat keawetan yang tinggi. Kepraktisan aki kering jadi argumen paling utama pemakaianya pada beberapa besar pabrikan otomotif. Walau sekian, diperlukan langkah menjaga aki kering motor dengan pas supaya umur penggunannya jadi lebih lama (awet). Untuk lebih detilnya, tersebut cara-cara menjaga Aki kering motor dengan pas :

Langkah menjaga aki kering motor yang pertama yaitu dengan memakai motor Anda sekerap mungkin saja. Hal semacam ini dikerjakan supaya system pengisian listrik serta penyuplaian listrik tetaplah stabil.
Panasi mesin motor minimum 2 sampai 5 menit /hari.
Pakai elektrik starter sehari-hari (terkecuali waktu memanaskan mesin pada pagi hari. Pada pagi hari, panasi mesin dengan memakai kick starter. Hal semacam ini dikerjakan supaya oli terpompa lebih cepat serta melumasi semua komponen mesin)
Jika starter mesin tidak ingin hidup, janganlah ditekan dengan terus-menerus. Berikan jeda 5 detik, baru lalu ditekan kembali. Hal semacam ini dikerjakan supaya daya aki kembali stabil terlebih dulu.
Jauhi jalan rusak yang mengakibatkan goncangan karna hal itu bisa mengakibatkan kerusakan beberapa sel didalam komponen aki.
Senantiasa check kabel terminal aki serta yakinkan senantiasa bersih dan dalam kondisi tertutup rapat.
Bila daya listrik melemah jadi kerjakan isi ulang dengan alat spesial yang mempunyai daya yang kecil serta stabil yakni sebesar 0, 5 ampere. Daya listrik aki kembali penuh dalam jangka waktu 5 sampai 8 jam bergantung dengan besaran daya aki.