Cara Merawat AC Mobil

Anda pasti tidaklah asing dengan komponen AC. AC sendiri merupakan kepanjangan dari kata “Air Conditioning” atau yang berarti pendingin/penyejuk udara. Keberadaan AC baik di ruangan tertutup ataupun di dalam kendaraan sangatlah dibutuhkan, terlebih di kota-kota besar dengan suhu udara yang panas. AC mobil merupakan salah satu komponen terpenting yang digunakan untuk memberikan kenyamanan baik kepada penumpang dan juga pengemudi. Cara merawat AC Mobil  haruslah dengan perhatian khusus agar AC mobil Anda tetap awet. Dengan merawat AC mobil secara rutin, Anda dapat meminimalisir masalah-masalah  yang sering timbul pada AC mobil.  Untuk lebih jelasnya, berikut cara-Cara merawat AC Mobil Anda sehingga bisa meminimalisir masalah-masalah yang umumnya terjadi pada komponen AC Mobil:

Cara Merawat AC Mobil

  1. Pastikan Anda selalu membersihkan kondensor dari debu ketika mencuci mobil. Cara merawat AC Mobil salah satunya adalah dengan membersihkan Kondensor dengan cara menyemprotkannya dengan air.
  2. Pastikan Anda membersihkan kabin mobil Anda secara rutin setiap hari. Membersihkan kabin mobil sangat berguna untuk mengurangi debut serta kotoran yang masuk ke AC dan evaporator., Bersihkan juga bagian alas kaki, karpet, dan bawah jok dengan vacuum cleaner.
  3. Cara merawat AC Mobil selanjutnya adalah dengan memasang filter kabin. Filter kabin berguna untuk menaring debu serta kotoran agar tidak ikut terhisap kedalam evaporator.
  4. Periksalah filter kabin secara berkala dengan cara meminta bantuan ahli mekanik untuk membersihkan filter kabin Anda. Filter kabin tersebut biasanya dibersihkan dengan cara disemprot atau menggantinya.
  5. Jika AC mobil Anda menggunakan extra fan (kipas kondensor), pastikan Anda mengecek perputaran kipas secara rutin.
  6. Perhatikan RPM pada mesin mobil saat AC dalam keadaan hidup. Jika RPM terlalu rendah maka akan mempengaruhi dingin tidaknya AC mobil anda.
  7. Hindari merokok di dalam mobil ketika AC dihidupkan. Cara merawat AC Mobil dengan tidak merokok di dalam mobil ketika AC dihidupkan dinilai efektif sebab dapat meminimalisir asap rokok yang terhisap ke evaporator. Asap yang masuk ke evaporator bisa membuat kinerjanya tidak maksimal.