Cara Kerja Transmisi Otomatis

Dibandingkan dengan transmisi manual, transmisi otomatis ternyata lebih digemari karena penggunaannya ternyata lebih mudah dibandingkan dengan transmisi manual. Tidak adanya pedal kopling pada transmisi manual membuatnya lebih unggul daripada transmisi manual. Selain itu, transmisi ototamtis juga memiliki perpindahahan kecepatan yang halus daripada transmisi manual sehingga membuat pengguna lebih nyaman.

Cara Kerja Transmisi Otomatis

Walau begitu fakta mengatakan bahwa  meski sudah sering menggunakan kendaraan bertransmisi otomatis sehari-hari, pengetahuan masyarakat tentang cara kerja transmisi otomatis masih minim. Bagi Anda yang memiliki kendaraan bertransmisi otomatis. maka Anda harus mengetahui cara kerja transmisi otomatis pada kendaraan Anda tersebut. Karena jika Anda mengetahui serta memahami cara kerja transmisi otomatis, maka Anda akan leih mudah untuk mencari solusi apabila terjadi masalah pada sistem kerjanya. Tidak hanya itu, dengan mengetahui cara kerja transmisi otomatis  Anda bisa mengoperasikannya dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dihindari agar transmisi bisa bertahan lama dan berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai cara kerja transmisi otomatis:

  1. Pertama, cara kerja transmisi otomatis dimulai dari torque conventer. Torque conventer ini berfungsi sebagai kopling mekanikal yang mentransferkan torsi dengan mekanisme pompa dan turbin. Pada saat transmisi otomatis berjalan, baling-baling yang terkopel di mesin berputar agar oli transmisi dapat terpompa pada ruangan tertutup. Tekanan oli inilah yang dipakai untuk mendorong turbin sehingga sistem ini menghasilkan peningkatan toris pada turpin pada saat RPM mesin mengalami peningkatan.
  2. Cara kerja transmisi otomatos planetary gear memiliki fungsi yang sama seperti pada gigi-gigi rasip pada transmisi manual. Planetary gear berfungsi untuk untuk merubah rasio putaran turbin pada roda sehingga mirip dengan tuas persneling yang dipakai untuk menjalankan mobil. Cara kerja transmisi otomatis planetary gear ini hanya memiliki satu buah roda gigi yang di sekelilingnya terdapat banyak roda gigi kecil. Pada bagian ruman planetary yang terdapat gigi di bagian dalamnya. Untuk merubah rasio planetary gear , Anda bisa menggunakan cara hidraulik yang merupakan kinerja dari valve body.