Cara Kerja Transmisi Manual

Transmisi manual merupakan komponen sistem pemindah tenaga yang mempunyai fungsi untuk meneruskan putaran mesin dari kopling ke propeler shaft, lalu mengubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan, serta ia memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur (reserve) pada kendaraan. Jika kendaraan Anda ternyata bertransmisi manual, maka Anda wajib mengetahui cara kerja transmisi manual pada kendaraan Anda.  Karena jika Anda mengetahui serta memahami cara kerja transmisi manual pada kendaraan Anda tersebut, maka solusi atas masalah yang terjadi pada sistem kerja transmisi manual Anda akan lebih mudah ditemukan. Tidak hanya itu, dengan mengetahui cara kerja transmisi manual, Anda bisa mengoperasikan kendaraan Anda dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang perlu dihindari agar transmisi manual dan kendaraan bisa bertahan lama dan berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan mengenai cara kerja transmisi manual:

Cara Kerja Transmisi Manual

  1. Posisi Netral (N)

Cara kerja transmisi manual pada posisi netral tenaga dari mesin tidak diteruskan ke poros out put. Hal ini disebabkan karena sincromesh dalam keadaan tidak terhubung (bebas) dengan roda gigi tingkat.

  1. Posisi 1.

Cara kerja transmisi manual pada posisi 1 terjadi apabila tuas ditarik ke belakang. Ketika tuas di tarik ke belakang, gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 1

  1. Posisi 2.

Cara kerja transmisi manual pada posisi 2 terjadi ketika tuas didorong ke depan menggerakkan gear selector fork. Kemudian, unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi tingkat 2.

  1. Posisi 3.

Posisi ini terjadi ketika tuas ditarik ke belakang sehingga gear selection fork akan menghubungkan unit sincromesh untuk berkaitan dengan gigi tingkat 3.

  1. Posisi 4.

Cara kerja transmisi manual posisi 4 terjadi ketika tuas didorong ke depan sehingga menggerakkan gear selector fork dan membuat unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi tingkat no 4.

  1. Posisi 5.

Cara kerja transmisi manual posisi 5 terjadi ketika unit sincromesh berhubungan dengan roda no 5.

  1. Posisi R.

Cara kerja transmisi manual posisi R terjadi ketika unit sincromesh berhubungan dengan roda gigi R. Antara roda gigi R dan roda gigi rasio, dipasangkan idler gear yang menyebabkan putaran poros input berlawanan arah dengan poros out put.